Antara muka Serial USART pada Mikrokontroler AVR

Sama seperti mikrokontroler AVR, Interface USART pada mikrokontroler adalah komunikasi yang menggunakan 2 data sebagai pengirim (Tx) dan penerima (Tx) yang harus ada pada kedua perangkat yang akan berkumunikasi.

5.8.1    Rangkaian USART

Interface USART menggunakan 2 jalur data yaitu RX dan TX, berikut adalah contoh rangkaian yang menggunakan komunikasi Serial USART.

Gambar 5.8: Interface Bluetooth pada Arduino

Pada gambar 5.8 dapat dilihat bahwa untuk mengkomunikasikan blue-tooth dengan arduino hanya menggunakan 2 jalur data yaitu Rx dan Tx. Harus diperhatikan bahwa untuk dapat bertukar data atau berkomunikasi dalam interface data USART ini, pin Rx pada mikrokontroler harus dipa-sangkan dengan pin Tx pada Bluettoth, begitupin pin Tx pada mikrokon-troler harus dipasangkan dengan pin Rx pada bluetooth. Pengembangan yang diadakan oleh Arduino memungkinkan semua pinnya dipakai sebagai jalur data USART.

5.8.2    Pemrograman USART

pada pemrograman arduino pin USART telah tersedia pada pin digital 0 (Rx) dan pin digital 1 (Tx). Namun seperti diketahui semua pin pada Arduino dapat digunakan sebagai pin USART dengan cara memanggil li-brary "SoftwareSerial.h", library ini memberikan kemungkinan pin selain pin 0 dan 1 dapat digunakan sebagai pin USART. Berikut adalah listing program untuk mengelolah data serial USART, listing program disesuaikan dengan rangkaian pada gambar 5.8.

Listing Program:

Pada listing program diatas dapat diperhatikan bahwa pin digital 8 di-gunakan sebagai pin TX dan pin digital 9 digunakan sebagai RX. Data yang terkirim dan diterima oleh bluetooth akan dikelolah dan ditampilkan ke LCD 16x2.


Complete and Continue