4.4 Raspberry

Raspberry Pi, sering disingkat dengan nama Raspi, adalah komputer pap-an tunggal (single-board circuit; SBC) yang seukuran dengan kartu kredit yang dapat digunakan untuk menjalankan program perkantoran, permainan komputer, dan sebagai pemutar media hingga video beresolusi tinggi. Ras-pberry Pi dikembangkan oleh yayasan nirlaba, Raspberry Pi Foundation, yang digawangi sejumlah pengembang dan ahli komputer dari Universitas Cambridge, Inggris.

Gambar 4.10: Raspbarry Pi

Ide dibalik Raspberry Pi diawali dari keinginan untuk mencetak pem-rogram generasi baru. Seperti disebutkan dalam situs resmi Raspberry Pi Foundation, waktu itu Eben Upton, Rob Mullins, Jack Lang, dan Alan Mycroft, dari Laboratorium Komputer Universitas Cambridge memiliki ke-khawatiran melihat kian turunnya keahlian dan jumlah siswa yang hendak belajar ilmu komputer. Mereka lantas mendirikan yayasan Raspberry Pi bersama dengan Pete Lomas dan David Braben pada 2009.

Tiga tahun kemudian, Raspberry Pi Model B memasuki produksi massal. Dalam peluncuran pertamanya pada akhir Febuari 2012 dalam beberapa jam saja sudah terjual 100.000 unit. Pada bulan Februari 2016, Raspberry Pi Foundation mengumumkan bahwa mereka telah menjual 8 juta perangkat Raspi, sehingga menjadikannya sebagai perangkat paling laris di Inggris.

Raspberry Pi juga bagus dalam melakukan banyak hal yang tidak mem-butuhkan komputer mahal untuk membuatnya. seperti berjalan sebagai NAS (Network Attached Storage), web server, router, media center, Torren-tBox dan masih banyak lagi.

Sistem operasi utama untuk Pi adalah Raspbian OS dan didasarkan dari Debian (based on debian). Ini adalah distribusi Linux sehingga memung-kinkan akan merasa sedikit berbeda jika sering menggunakan komputer Win-dows. Meskipun sistem operasi yang didukung utama adalah Raspbian juga dapat menginstal sistem operasi lain seperti Ubuntu core dan Ubuntu mare, Pirate OS, OSMC, RIS OS, Windows 10 IOT dan banyak lagi.

Nama Raspberry ini terinspirasi dari vendor-vendor terkenal yang meng-gunakan nama buah-buahan (seperti Apple, BlackBerry, dan Apricot). Na-ma Pi merupakan kepanjangan dari Phyton, yaitu sebuah bahasa pemro-graman interpretatif serbaguna. Pada awalnya Raspberry Pi memiliki kon-sep sebuah komputer sederhana yang dapat diprogram dengan Phyton.

Proyek Raspberry Pi dimulai pada tahun 2006. Mereka berkeinginan un-tuk merasakan semangat menjadi seorang pelopor, seperti yang dirasakan pada tahun 1980, ketika Personal Computer (PC) dengan harga terjangkau tersedia untuk para penggemar komputer. Mereka memiliki kekhawatiran terhadap berkurangnya minat terhadap ilmu komputer dan berpendapat bahwa kurikulum ICT saat ini terlalu berfokus pada membuat word proces-sing, spreadsheet, dan database. Awalnya mereka berencana untuk mem-buat komputer berbasis mikrokontroler yang dapat booting secara langsung kepada Python interpreter prompt. Perangkat yang murah ini diciptakan untuk mempromosikan sebuah generasi baru dalam dunia pemrograman dan pengembangan.

Karena biaya produksi dari sistem yang dapat bekerja dengan kemampu-an jaringan, driver, dan lain-lain ke dalam interpreter, maka mereka memu-tuskan untuk menggunakan sistem operasi Linux yang bersifat eksibel dan Open Source. Karyawan perusahaan Broadcom, Eben Upton serta tokoh-tokoh lainnya seperti Jack Lang, David Braben, Pete Lomas, Profesor Alan Mycoft, dan Dr Robert Mullins mendirika sebuah badan amal yang disebut The Raspberry Pi Foundation.

Mereka memiliki gagasan untuk merancang papan System on Chip (SoC) yang diisi dengan chip processor Broadcom ARM11, lalu dijual dengan har-ga yang terjangkau, ditujukan untuk para insinyur komputer generasi baru yang tentunya berpotensi besar. Mulanya, Papan Prototype pertama mere-ka hanyalah sebesar Flashdisk, yang memiliki 1 port USB dan port HDMI. Papan ini juga memiliki slot MicroSD untuk menyimpan OS linux. Papan ini terlalu kecil untuk menambahkan port LAN, port GPIO, atau output audio, yang artinya papan ini kurang cocok untuk dikembangkan.

4.4.1    Model Raspberry Pi

Ada 3 model yang berbeda dari Pi hingga saat ini, saya akan memberi sedikit review raspberry pi agar anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan anda.

1.  Raspberry Pi A+

Raspberry Pi A+ adalah cersi dari raspberry pi yang rendah spec dan harga. versi ini hanya memiliki satu port USB, konsumsi daya yang rendah, tidak ada port Ethernet dan hanya 256mb ram.

Versi dari Pi lebih cocok untuk proyek-proyek yang tidak memerlukan sejumlah besar power untuk pemrosesan, anda dapat menggunakannya untuk project-project seperti robotika, pesawat remote control / mobil dan project sistem embedded.

2.  Raspberry Pi B dan B+

Raspberry Pi B+ dan B adalah versi sebelumnya dari raspi yang kini telah digantikan oleh Raspberry Pi 2. Versi B + memiliki satu CPU core, 4 port USB, slot kartu micro SD dan konsumsi daya yang rendah. Hal ini meningkatkan pada model sebelumnya B yang hanya memiliki 2 port USB, konsumsi daya yang lebih tinggi, ukuran SD Card Slot dan beberapa hal lainnya.

3.  Raspberry Pi 2

Raspberry Pi 2 adalah versi terbaru dari Pi dan versi tercepat dari Pi saat artikel ini ditulis. Raspberry pi 2 dan versi B+ adalah versi paling populer yang dapat anda temukan karena kekuatan pemrosesan dan jumlah port yang bisa anda dapatkan.

Raspberry Pi 2 adalah penggantian B + dan memiliki tur 900 MHz quad core CPU dan 1 GB ram. Sisa dari spesi kasi tetap sama seperti apa yang akan Anda temukan di model sebelumnya yaitu Raspberry Pi B+.

4.4.2    Aplikasi Penggunaan Raspberry Pi

Komputer yang biasa digunakan untuk melakukan kegiatan ringan sehari-hari, seperti menonton HD movie, word processing, mendengarkan musik, dan kegiatan lainnya

  1. Bisa dihubungkan dengan aneka macam sensor seperti sensor cahaya, suhu, gerakan, dll.
  2. Bisa dibuat web server.
  3. Bisa dijadikan server NAS ( Network Attached Storage) di rumah.
  4. Bisa dikombinasikan bersama Arduino.
  5. Download manager.
  6. Raspberry Pi bisa dijadikan sebagai Komputer yang mendownload le-le lm yang bisa kita tinggal tanpa mengkhawatirkan konsumsi listrik.
  7. Print Server.
  8. Print Server adalah Alat yang di hubungkan dengan Printer,menjadikan printer anda bisa di gunakan bersama-sama dalam sebuah jaringan LAN.
  9. Raspberry Pi juga bisa di jadikan print server ,dengan menghubungkan printer yang ingin di jadikan printer Jaringan
  10. Wifi Internet Radio Player
  11. Raspberry bisa juga di gunakan untuk memainkan music yang di stre-aming dari Internet Radio, anda bisa mengatur volume,mengatur list lagu dari handphone anda(android,Blackberry)
  12. bisa digunakan menjadi Server untuk hosting website anda, berbasis html, php dan mysql.
  13. Home Automation
  14. anda bisa membuat Home Automation untuk mengontrol lampu ,pe-nyiraman taman, kipas angin,AC dan lain nya, dan bisa di atur baik dari layar LCD maupun Handphone anda.

4.4.3    Spesifikasi Board Raspberry Pi

Raspberry Pi board dibuat dgn type yg berbeda yaitu Raspberry Pi type A ,A+ Raspberry Pi type B.,B+ Raspberry pi 2,Rasberry pi 3,Raspberry Pi zero. Perbedaannya antara lain pada Ram dan Port LAN. Type A RAM =  256 Mb dan tanpa port LAN(ethernet), type B = 512 Mb dan terpasang port untuk LAN.

                                                                                               

Gambar 4.11: Blok Diagram Raspbarry Pi

4.4.4    Pin I/O

  1. HDMI, dihubungkan ke LCD TV yg mempunayi port HDMI atau dengan cable konverter HDMI to VGA dapat dihubungkan ke monitor PC.
  2. Video analog (RCA port) , dihubungkan ke Televisi sebagai alternatif jika anda tdk memilih monitor PC .
  3. Audio output
  4. 2 buah port USB digunakan untuk keyboard dan mouse
  5. 26 pin I/O digital
  6. CSI port (Camera Serial Interface )
  7. DSI (Display Serial Interface)
  8. LAN port (network)
  9. SD Card slot untuk SD Card memori yg menyimpan sistem operasi berfungsi spt hardisk pd PC.

Gambar 4.12: Data Sheet I/O Raspbarry Pi

4.4.5    Sistem Operasi Raspberry

Untuk menggunakan Raspberry pi kita memerlukan operating system(contoh OS : windows, linux,mac ,Unix dst) yg dijalankan dari SD card pad board Rasberry tidak seperti pada board mikrokontroler AVR yg selama ini kita pakai tanpa OS . Operating system yang banyak dipakai antara lain Linux distro Raspbian. OS disimpan di SD card dan saat proses boot OS hanya bisa dari SD card tdk dari lokasi lain.

OS yang bisa di jalankan di Raspberry board antara lain : Arch Linux ARM, Debian GNU/Linux, Gentoo, Fedora, FreeBSD, NetBSD, Plan 9, In-ferno, Raspbian OS, RISC OS dan Slackware Linux. Jadi dlm menggunakan mikrokomputer Raspberry Pi ini kita seperti menggunakan PC yg berbasis linux plus yg mempunyai input output digital seperti yang ada di board mikrokontroler.

noobs adalah tool untuk menginstal sistem operasi dengan mudah untuk Raspberry Pi. Menggunakan software ini Anda akan dapat dengan mudah memilih sistem operasi pilihan untuk menginstalnya pada Raspberry Pi. Berikut Sistem Operasi saat ini termasuk dalam noobs :

  1. Raspbian
  2. Pidora
  3. OpenELEC
  4. RaspBMC
  5. OS RISC
  6. Arch Linux

Gambar 4.13: OS Raspbarry Pi


Complete and Continue  
Discussion

0 komentar