1.7 Sistem Waktu Nyata

Sistem waktu nyata adalah sistem yang memiliki kecepatan respon ku-rang dari nilai tertentu. Arti sesungguhnya dari waktunya tak adalah res-pon yang tanpa jeda. Sistem ideal seperti itu tidak setujunya ada. Selama menggunakan media untuk transfer informasi pasti memerlukan jeda wak-tu sekecil apapun. Pengertian waktu nyata disini tidak mesti benar-benar tanpa jeda tetapi memenuhi standar jeda tertentu. Secara umum terdapat dua ciri sistem waktu nyata.

  1. sistem berbasis komputer yang berintegrasi dengan lingkungan. 
  2. memiliki standar waktu dalam memberikan respon terhadap lingkung-an.

 

Gambar 1.7: Penggunaan Sensor Pengukuran Jarak

Sistem pengukur jarak mobil untuk keperluan parkir adalah contoh sis-tem waktu nyata. Sistem ini akan merespon sensor jarak dengan mengelu-arkan bunyi peringatan jarak. Semakin dekat jarak mobil dengan sisi bela-kang tempat parkir maka peringatan tersebut semakin keras dan periodenya semakin cepat. Terdapat sensor jarak yang secara terus-menerus melakukan pendeteksian kemudian mengelolanya dengan mengeluarkan output berupa sinyal sirine. Tenggat waktu respon adalah waktu yang diperlukan dari mulai sensor mengirim sinyal mendapatkan pantulan menginformasikan ke pemroses , sinyal diproses dan mengeluarkan sirine. Pada kasus sensor jarak proses pendeteksian jarak sampai dengan berbunyi sirine harus memenuhi tenggat waktu tertentu karena diperlukan oleh pengemudi untuk mengambil keputusan.

Demikian juga dengan kantong keselamatan dan secara otomatis meng-embang pada saat mobil tabrakan. Kantung keselamatan berfungsi melin-dungi pengemudi dari tabrakan fatal dan benturan dengan dashboard mobil. Dalam 2 contoh diatas keselamatan menjadi salah satu alasan mengapa sis-tem harus real time. baik kantong keselamatan maupun pengukuran jarak mobil tidak akan lagi berguna jika tenggat responnya melampai waktu yang diisyaratkan.


Complete and Continue