Sejarah Mikrokontroler

Sejarah mikrokontroler tidak terlepas dari sejarah mikroprosesor dan komputer. Diawali dengan ditemukannya mikroprosesor,kemudian ditemuk-an komputer, setelah itu ditemukan mikrokontroler. berikut ini sejarah mik-rokontroler:

  • tahun 1617, john napier menemukan sistem untuk melakukan perkalian dan pembagian berdasarka logaritma.
  • Tahun 1694, Gottfriend Wilhelm Leibniz membuat mesin mekanik yang dapat melakukan operasi +, -, * , / dan akar kuadrat.
  • Tahun 1835, Charles Babbage mengusulkan komputer digital (Digital Computer ) pertama didunia menggunakan punched card untuk data dan instruksi, serta program control ( looping and branching ) dengan unit aritmatik dan unik penyimpanan.
  • Tahun 1850, George Boole mengembangkan symbolic logic termasuk operasi binary ( AND, OR, dll ).
  • Tahun 1946, Von Neumann menyarankan bahwa instruksi menjadi ko-de numerik yang disimpan pada memori. Komputer dan semua mik-rokontroler didasarkan pada komputer Von neumann.
  • Tahun 1948, ditemukannya transistor, dengan dikembangkannya kon-sep sofware ,pada tahun 1948 mulai adanya perkembangan hardware penting seperti transistor.
  • Tahun 1959, pertama kali dibuatnya IC ( Integrated Circuit).
  • Tahun 1971,intel membuat mikroprosesor intel 4004.mikroprosesor ini merupakan mikroprosesor pertama yang dikembangkan oleh intel ( Integrated Electronics ). Mikroprosesor ini terdiri dari 2250 transitor. Intel 4004 merupakan mikroprosesor 4 bit. Kemudian pdan tahun 1974, intel membuat mikroprosesor generasi kedua ( intel 8008), intel 8008 merupakan mikroprosesor 8 bit.semakin besar ukuran bit berarti mikroprosesor dapat memproses lebih banyak data. IC mikroprosesor intel 4004 dan intel 8008 ini dikemas dalam bentuk DIP ( Dual Inline Package ) seperti pada gambar dibawah ini.
  • Tahun 1972, Mikrokontroler yang dibuat adalah TMS 1000. TMS 1000 merupakan mikrokontroler 4-bit buatan Texas Instrument (TI). Mik-rokontroler TMS 1000 dibuat oleh Gary Boone dari Texas Intrumen. Boone merancang IC yang dapat menampumg hampir semua kompo-nen yang membentuk kalkulator, hanya layar dan keypad yang tidak dimasukkan. TI menawarkan mikrokontroler ini untuk dijual kepada industri elektronik pada tahun 1983, sebanyak 100 juta IC mikrokon-troler TMS 1000 telah dijual.
  • Tahun 1974, beberapa pabrikan IC menawarkan mikroprosesor dan pe-ngendali menggunakan mikroprosesor. Mikroprosesor yang ditawarkan pada saat itu yaitu Intel 8080, 8085, Motorola 6800, Signetics 6502, Zilog Z80, Texas Instrumen 9900 (16 bit)
  • Tahun 1975, mikrokontroler PIC dikembangkan dan dibuat pertama kali di Universitas Harvard. PIC mulai diperkenalkan kepada publik oleh Microchip pada tahun 1985. PIC merupakan kependekan dari Peripheral Interface Controller atau bisa juga kependekan dari Pro-grammable Intelligent Computer.
  • Tahun 1976, dibuat Intel 8048, yang merupakan mikrokontroler intel pertama.
  • Tahun 1978, mikroprosesor 16 bit menjadi lebih umum digunakan yai-tu Intel 8086, Motorola 68000 dan Zilog Z8000. Sejak saat itu pabrik-an mikroprosesor terus mengembangkan mikroprosesor dengan berba-gai keistimewaan dan arsitektur. Mikroprosesor yang dikembangk-an termasuk mikroprosesor 32 bit seperti Intel Pentium, Motorola DragonBall, dan beberapa mikrokontroler yang menggunakan ARM ( Advanced RISC Machine Ltd) core. ARM hanya menjual desain arsitekur mikrokontroler/mikroprosesor. Saat ini sedang dipromosik-an penggunaan mikrokontroler 32 bit yang berbasis propesor ARM dari keluarga seri Cortex M (ARM Cortex-MO, ARM Cortex-MO+, ARM Cortex-M3, ARM Cortex-M4, ARM Cortex-M7, ARM Cortex-R4, dan ARM Cortex A5). Perusahaan yang menggunakan lisensi ARM prosesor meliputi : Advanced Micro Devices, Inc., Broadcom, Samsung, Toshiba, Alcatel-Lucent, Apple Inc, Atmel, Intel, LG, Nu-voton, STMicroelectronics, Texas Instruments, In neon, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Tahun 1980,Intel 8051 atau lebih dikenal dengan keluarga mikrokon-troler yang paling populer. Vendor lain yang mengadopsi mikrokontro-ler Intel 8051 yaitu : Philips, Siemens, Atmel ATMEL juga membuat Mikrokontroler MCS 51 yaitu mikrokontroler Atmel seri AT89xxx, mi-salnya : AT89S51 dan AT89S52.
  • Tahun 1996, Atmel AVR adalah salah satu keluarga mikrokontroler pertama yang menggunakan on-chip ash memory untuk penyimpanan program.


Seiring berkembanga zaman piranti dan aplikasi pada mikrokontroler semakin berkembang, sehingga dapat dibedakan antara mikroproseseor dan mikrokontroler. Mikroprosor adalah Central Professing Unit (CPU) didalam single chip. Komponen CPU : Arithmatic and Logic Unit (ALU), instru-ction decoder, register, bus control circuit, dll. Mikro-Komputer adalah mikropropesor yang dihubungkan dengan rangkaian pendukung. komponen I/O dan memori (program & data) ditempatkan bersama un-tuk membentuk komputer kecil khususnya untuk akuisisi data dan aplikasi kontrol yang telah dibahas pada bab 2. Jika komponen yang menyusun se-buah mikro-komputer diletakkan bersama didalam single chip silicon maka disebut mikrokontroler berisi CPU, memori, timer, port serial dan pararel, port input / output, ADC.