Komponen dengan antarmuka USART

Syarat komponen/alat untuk berkomunikasi dengan mikrokontroler lewat USART adalah komponen atau alat modul harus memiliki pin rx (receiver) dan pin tx(transmitter), biasanya komponen ini sudah berupa modul.

5.6.1    Bluetooth

Bluetooth adalah sebuah teknologi komunikasi wireless (tanpa kabel) yang beroperasi pada pita frekuensi 2,4 GHz unlicensed ISM (Industrial, Scien-ti c and Medical) dengan menggunakan sebuah frekuensi hopping trance-iver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real-time antara host-host bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas (sekitar 10 meter). Bluetooth juga merupakan spesi kasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (Personal Area Networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan (gadget).

Gambar 5.4: Bluetooth HC

5.6.2    Modul GSM

Modul GSM adalah perangkat kontrol elektronika yang peruntukannya pada sistem kontrol jarak jauh, Terdapat beberapa tipe breakoutboard, tetapi yang paling populer penggunaannya adalah versi mini dengan kartu gsm jenis micro SIM. Salah satu yang paling populer adalah Modul SIM800L. Mudul SIM800L adalah salah satu Module GSM/GPRS Serial yang dapat digunakan bersama Arduino maupun mikrokontroler AVR. Antara muka Serial USART pada Mikrokontroler AVR

Gambar 5.5: Modul GSM

5.7   Antara muka Serial USART pada Mikrokon-troler AVR

Serial USART pasa mikrokontroler AVR adalah komunikasi yang menggu-nakan 2 data sebagai pengirim (Tx) dan penerima (Tx) yang harus ada pada kedua perangkat yang akan berkumunikasi.

5.7.1    Rangkaian USART

Interface USART menggunakan 2 jalur data yaitu RX dan TX, berikut adalah contoh rangkaian yang menggunakan komunikasi Serial USART.

pada gambar 5.6 dapat dilihat bahwa untuk mengkomunikasikan blu-etooth dengan mikrokontroler hanya menggunakan 2 jalur dati yaitu Rx dan Tx. Harus diperhatikan bahwa untuk dapat bertukar data atau ber-komunikasi dalam interface data USART ini, pin Rx pada mikrokontroler harus dipasangkan dengan pin Tx pada Bluetooth, begitupun pin Tx pada mikrokontroler harus dipasangkan dengan pin Rx pada bluetooth

Gambar 5.6: Antara muka Bluetooth dengan Mikrokontroler ATmega16


5.7.2    Pemrograman USART

Berdasarkan dari rangkaian pada gambar 5.6 dapat dilakukan kon gurasi untuk mengaktifkan fungsi USART pada pin Rx dan TX di mikrokontroler pada aplikasi CodevosionAVR.

Gambar 5.7: Mengaktifkan Fungsi UART mikrokontroler

Berikut adalah contoh listing program pengaplikasian interface USART

menggunakan bluetooth, listing program telah disesuaikan dengan rangkaian pada gambar 5.6

Complete and Continue