4.3 Wemos

Wemos adalah sebuah board Mikrokontroler pengembangan berbasis modul mikrokontroler ESP 8266. Board Wemos dibuat sebagai solusi dari mahal-nya sebuah sistem wireless berbasis Mikrokontroler lainnya. Dengan meng-gunakan Board Wemos biaya yang dikeluarkan untuk membangun sistem WiFi berbasis Mikrokontroler sangat murah, hanya sepersepuluhnya dari biaya yang dikeluarkan apabila membangun sistem WiFi dengan menggu-nakan Mikrokontroler Arduino Uno dan WiFi Shield Mikrokontroler Wemos yang berbeda pada Mikrokontroler ini yaitu kemampuannya untuk menye-dikan fasilitas konekti tas WiFi dengan mudah serta memory yang digu-nakan sangat besar yaitu 4 MB.

Pada Mikrokontroler wemos memiliki 2 buah chipset yang digunakan sebagai otak kerja platform tersebut. Beberapa chipset pada Mikrocontroler ini adalah :

  • Chipset ESP8266 ESP8266 adalah sebuah chip microcontroller yang memiliki tur Wi-Fi yang mendukung stack TCP / IP. Diproduksi oleh produsen Cina yang berbasis di Shanghai, Espressif. Pada Agustus 2014 AI-Thinker membuat modul ESP-01 dengan menggunakan lisensi oleh Espressif. modul kecil ini memungkinkan mikrokontroler untuk terhubung dengan jaringan Wi-Fi dan membuat koneksi TCP / IP hanya dengan menggunakan command yang sederhana seperti Hayes-gaya.

Gambar 4.5: Wemose ESP 8265

Harga yang sangat rendah dan sangat sedikit komponen eksternal pa-da modul ini mengakibatkan sangat murahnya harga sebuah chip ini. Dengan clock 80 MHz chip ini dibekali dengan 4MB Eksternal RAM, mendukung format IEEE 802.11 b/g/n sehingga tidak menyebabkan interference bagi yang lain. Mendukung enkripsi WEP, WPA sehingga menjadikan chipset ini sangat aman digunakan. Chipset ini memiliki 16 GPIO pin yang berkerja pada 3.3 Volt, 1 pin ADC dengan resolusi 10 bit.

  • ChipsetCH340 CH340 adalah sebuah Chipset yang mengubah USB menjadi serial interface Sebagai contohnya adalah aplikasi USB conver-ter to IrDA atau aplikasi USB converter to Printer Dalam mode serial interface, CH340 mengirimkan sinyal penghubung yang umum digu-nakan pada MODEM. CH340 digunakan untuk memperbesar asyn-chronous serial interface komputer atau mengubah perangkat serial interface umum untuk berhubungan dengan bus USB secara langsung.


4.3.1    Spesipikasi Wemos

Meskipun bentuk board ini dirancang menyerupai arduino uno, namun dari sisi spesi kasi, sebenarnya jauh lebih unggul Wemos D1, salah satunya di-karenakan inti dari Wemos D1 adalah Esp8266EX yang memiliki prosesor 32 bit. (Bandingkan dengan Arduino UNO, yang berintikan AVR 8 bit).

Sebagaimana board berbasis ESP8266, wemos D1 memiliki spesi kasi yang sama yaitu :

  • A 32 bit RISC CPU running at 80MHz
  • 64Kb of instruction RAM and 96Kb of data RAM 4MB ash memory! Yes thats correct, 4MB!
  • Wi-Fi
  • 16 GPIO pins I2C,SPI
  • I2S
  • 1 ADC

Gambar 4.6: Data Sheet Wemos ESP 8265

Untuk menggunakan board ini, pada prinsipnya sama dengan meng-gunakan board lain yang berbasis ESP8266. Bisa menggunakan rmware NodeMCU, dan memprogramnya menggunakan Lua. atau bisa juga kita membuat frimware sendiri menggunakan Arduino IDE. Yang perlu diperha-tikan adalah, pastikan Arduino IDE yang digunakan sudah diinstal addon board ESP8266 sebelum digunakan. Jika belum menginstal board esp8266, silahkan baca terlebih dahulu cara instalasi Addon ESP8266 pada Arduino IDE.

Wemos D1 sudah dilengkapi dengan ic usb to serial CHG340 (Jangan lupa menginstal driver agar IC ini bisa terbaca di komputer), sehingga kita tidak perlu membeli modul usb to serial secara terpisah. Satu satunya yang diperlukan adalah kabel data USB yang biasa kita gunakan untuk mentran-sfer data/mencharge smartphone android. Setelah Wemos D1 terhubung dengan port USB komputer, cek terlebih dahulu di device manager berapa port serial yang terbaca.

Gambar 4.7: Pembacaan serial com 3

Port serial terbaca pada COM3. Nilai ini bisa jadi berbeda dengan komputer yang anda gunakan, sehingga penting untuk mengecek terlebih dahulu. Untuk memulai memrogram board Wemos D1, Jalankan Arduino IDE yang telah terinstal, lalu pilih menu Tools ke Board ke Wemos D1 (Retired). Jangan lupa sesuaikan port Arduino, di Tools ke Port dengan yang nilai port serial terbaca pada device manager.

Gambar 4.8: Pemanggilan Listing Program

Addon yang telah diinstal pada Arduino IDE juga menyediakan banyak sampel program yang bisa digunakan sebagai langkah awal memprogram wemos D1. Pada tulisan ini, embeddednesia akan menggunakan contoh pro-gram HelloServer yang bisa dijadikan contoh bagaimana mudahnya mempro-gram wemos D1 Pada menu File pilih Examples ESP8266WebServer Hello-Server. Arduino IDE akan menampilkan contoh program HelloServer seperti berikut.

Gambar 4.9: Listing Program Wemos

Complete and Continue  
Discussion

0 komentar