1.8 Tren Teknologi Embedded System

Perkembangan tren embedded system dipicu oleh kebutuhan pasar. Be-berapa area aplikasi utama yang diperlukan seperti kebutuhan perangkat militer. Perangkat otomatisasi penerbangan, perangkat keamanan dan per-angkat kesehatan. Penggunaan perangkat embedded system sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Setiap waktu dimana saja masyarakat melakukan interaksi dengan menggunakan perangkat embedded system yang tertanam dalam perangkat meliputi area barang-barang elek-tronik, medis, otomasi, telekomunikasi, insdustri, militer, dan otomotif. Be-berapa tren yang saat ini dan beberapa tahun kedepan akan berkembang dan terkait erat dengan perkembangan embedded system diantaranya ada-lah sebagai berikut:

  1. Perangkat cerdas Kebutuhan otomatisasi perangkat elektronika yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari semakin meningkat. Dipicu oleh keinginan un-tuk lebih mudah dan lebih cepat dalam penggunaannya. Pekerjaan-pekerjaan dirancang ulang dengan menggunakan peralatan yang lebih memudahkan penggunaan robot menggantikan manusia dalam pro-duksi adalah salah satunya. Pekerjaan-pekerjaan di otomatiskan de-ngan menggunakan perangkat cerdas di dalamnya perangkat yang da-pat bekerja seolah-olah punya alat berpikir dan dapat merespon per-ubahan lingkungan yang ada di sekitarnya sebagai manusia. penggunaan alat-alat cerdas telah dimulai dengan skala dan level ber-beda. Remot televisi, pintu garasi otomatis, mesin cuci otomatis, pe-ngendali AC disesuaikan suhu ruangan, sampai kendali penerbangan pesawat otomatis ( y by wire) adalah beberapa contoh sistem cerdas yang digunakan saat ini. Dapat dibayangkan ketika semua perangkat telah memiliki alamat IP yang dapat diakses dari jaringan internet. Chip-chip yang tertanam dalam peralatan tersebut telah dilengkapi dengan sistem cerdas dan keamanan. Kunci rumah mobil garasi dan pengendali berbasis retina mata. Sistem cerdas membutuhkan chip cerdas yang ditanam didalamnya berupa embedded system. Sebuah tuntutan untuk membuat embe-dded system yang cerdas, intelijen embedded system. Gabungan dari fungsi dasar embedded system dan sistem cerdas. Pada perkemba-ngannya sistem cerdas telah dirancang berbagai metode kecerdasan buatan, sistem fuzzy, algoritma, genetik, back propagation dan mesin pembelajar adalah contoh sistem cerdas yang dapat dikolaborasikan dengan embedded system. Gabungan kedua sistem tersebut mengha-silkan chip yang memiliki kecerdasan dalam batasan tertentu. Kebu-tuhan dan keinginan pengguna untuk lebih mudah dan cepat menjadi salah satu pemicu trend perkembangan embrio sistem pada masa men-datang. Masih banyak area yang dapat ditingkatkan.
  2. Prosesor Multi-Core. Perkembangan kebutuhan pemrosesan cepat meningkat. Processor 8 bit yang selama ini telah banyak digunakan dirasa tidak lagi meme-nuhi kebutuhan aplikasi. Pergeseran dari proses 8 bit ke 16 bit ma-sih banyak memenuhi aplikasi dengan tingkat kecepatan proses dan throughput sedang seperti untuk kartu pintar. Kebutuhan aplikasi yang prosesnya lebih kompleks seperti router, telepon seluler dan ga-me memerlukan tingkat pemrosesan yang tinggi sehingga diperlukan processor 32 bit yang memiliki kecepatan proses yang lebih tinggi. Kebutuhan tidak berhenti sampai disini aplikasi-aplikasi baru seperti pemrosesan gambar konferensi pengenalan pola gambar adalah aplika-si yang memerlukan pemrosesan yang handal. Aplikasi-aplikasi ini me-merlukan bandwidth yang lebih besar, kemampuan pemrosesan yang tinggi, algoritma yang lebih e sien dengan waktu respon yang tinggi. Terdapat kebutuhan-kebutuhan terhadap processor yang terdiri dari beberapa core (multicore prosessor). Dengan prosesor multicore da-pat meningkatkan kecepatan proses dengan menghasilkan throughtput yang tinggi.
  3. Konvergensi Perangkat. Para pengguna layanan telepon seluler adalah salah satu contoh pa-sar perangkat Komplek yang menyediakan berbagai layanan aplikasi dalam satu sistem. Telepon seluler menyediakan layanan telekomuni-kasi suara dan teks. layanan ini telah lama digunakan dan layanan yang paling dasar. Video, televisi, internet, kamera digital, adalah layanan-layanan lain yang melengkapi kebutuhan pengguna dan terin-tegrasi dalam satu perangkat. Konsep konvergensi perangkat adalah penyatuan berbagai layanan dalam satu perangkat. Ipad, IPhone, Blackberry, adalah contoh gadget yang menyediakan berbagai layan-an yang terintegrasi dalam satu perangkat. Disamping konvergensi perangkat terdapat konvergensi sistem layanan yang memungkinkan interaksi antara perangkat. Mungkin sedikit berbeda dengan konver-gensi perangkat. Pada sistem ini masing-masing perangkat berfungsi secara mandiri se-perti kamera digital telepon seluler televisi tapi ada sebuah sistem yang dapat mengkomunikasikan perangkat-perangkat tersebut seca-ra bersamaan. contoh aplikasi Digital Living Network Alliance (DL-NA) , yang dapat mengkomunikasikan perangkat komputer, printer, game, dan dalam satu sistem tanpa mengubah kon gurasi masing-masingnya. Masing-masing perangkat hanya perlu terhubung dengan jaringan tersebut maka secara otomatis akan terhubung dengan per-angkat perangkat lain dalam sistem.
  4. Nirkabel. Selama beberapa waktu aplikasi embedded system bekerja dalam se-buah sistem yang terpisah dan berdiri sendiri. Dengan berkembangnya teknologi nirkabel baik protokol yang berdaya jangkauan rendah se-perti wi , RFID, bluetooth atau yang memiliki daya jangkauan seper-ti wireless local area network (WLAN), WiMAX, long tern evelution (LTE), maka peluang perkembangan emebedded system semakin ting-gi. Salah satu area perkembangan embedded system dalam kaitannya dengan sistem nirkabel adalah arsitektur system on chip (SoC), pe-ngurangan konsumsi listrik dan aplikasi aplikasi untuk sistem nirkabel jarak pendek.
  5. Penggunaan Open Source. Perkembangan embedded system didukung oleh penggunaan perang-kat keras, perangkat lunak sistem operasi dan protokol komunikasi. Masing-masing bagian tidak diperoleh secara gratis, harus memberik-an royalti kepada pemilik paten produk tersebut. Tidak jarang biaya ini menjadi masalah yang dihadapi dalam pengembangan embedded system. Salah satu isi penting adalah adanya aplikasi aplikasi open source yang dapat digunakan secara gratis. Embedded Linux adalah sistem operasi waktu nyata yang dapat digunakan secara gratis Begitu juga dengan symbian OS open source. Dengan adanya aplikasi apli-kasi berbasis open source maka perkembangan embedded system akan semakin tinggi karena biayanya yang rendah.
  6. Keamanan. Masalah keamanan menjadi isu penting karena semakin banyaknya usaha-usaha untuk pencurian dan kecurangan pada sistem teknologi informasi. Data-data penting yang sensitif perlu mendapatkan per-lindungan. Embedded security memiliki peran penting dalam menjamin terlindunginya data-data penting. Embedded sistem operasi yang saat ini digunakan menyediakan dukungan untuk berbagai protokol jaringan dan keamanan nirkabel. Algoritma telah dirancang untuk dijalankan pada kondisi lingkungan yang terbatas. Keamanan men-jadi isu penting karena data yang dilewatkan sangat bervariasi dari mulai data yang tingkat kerahasiaannya tinggi sampai data publik. Data-data keuangan, nasabah, intelijen adalah contoh data yang sen-sitif terhadap kebocoran. Pengamanan dilakukan dengan semua level, sik, sistem, operasional dan organisasi. Kebutuhan chip-chip yang di samping cepat dan pintar, juga memiliki standar keamanan dan ting-kat tertentu. Kebutuhan chip yang secara implisit terdapat sistem keamanan didalamnya menjadi penting dan trend pada masa yang akan datang.





Complete and Continue