1.5 Teknologi Prosessor

Prosessor adalah bagian penting dari embedded system. Prosesor ber-fungsi untuk melakukan suatu prosess yang mengubah masukan menjadi luaran. processor dalam kerjanya berinteraksi dengan memori. data atau instruksi tersimpan di dalam memori yang dikerjakan oleh prosesor. Hasil prosesnya disimpan lagi di dalam memori. Itulah proses sederhana yang ter-jadi dalam sebuah komputer. Disamping prosesor dan memory terdapat 1 bagian penting yang mengatur seluruh proses proses yang disebut unit ken-dali (control unit). Unit kendali ini, sesuai dengan namanya mengendalikan semua jalannya proses termasuk mengendalikan proses memori dan dirinya sendiri.

Gambar 1.5: Ilustrasi. (a) Kebutuhan funsionalitas Kebutuhan (b) Tujuan Umum, (c) Alikasi Tertentu, dan (d) Tujuan Khusu.)

Ilustrasi kebutuhan fungsional sistem yang akan dibangun seperti pada gambar 7.3 (a) sebuah fungsi untuk menjumlahkan isi memori dari M[1] sampai dengan M[N] dan hasilnya disimpan di dalam variabel total. Jika diumpamakan sebagai kertas kosong koma proses tujuan umum seperti per-segi panjang yang dapat dibentuk pada apa saja sesuai dengan keinginan pengguna, bentuk plus, segitiga, elips, lingkar atau bentuk lain. sementara prosesor aplikasi tertentu gambar 7.3 (c) tidak sebebas itu. Prosesor jenis ini masih menyediakan ruang untuk eksibilitas kebutuhan pengguna hanya be-berapa bagian sudah memiliki pola tetap. Fungsi-fungsi yang terdapat pada prosesor ini dapat bervariasi tapi pada domain masalah tertentu. Terakhir processor tujuan khusus pada gambar, sesuai dengan namanya benar-benar dirancang untuk suatu fungsi tertentu. Misalnya sebuah prosesor tujuan khusus dengan fungsi tadi maka rangkaian dibangun hanya berfungsi untuk menjumlahkan isi memori M[1] sampai M[N]. Berikut ini dijelaskan ketiga jenis prosesor tersebut.

1.  Processor Tujuan Umum

Processor tujuan umum yaitu prosesor yang dirancang untuk berbagai keperluan. Pada prosesor ini yang dominan adalah perangkat lunak. Komputer-komputer pribadi atau laptop yang banyak digunakan pada saat ini adalah contoh prosesor tujuan umum. Tujuan umum adalah kata kunci yang menunjukkan kemampuannya dalam melakukan pem-rosesan lebih tepatnya kemampuan untuk secara eksibel memenuhi fungsionalitas yang diperlukan pengguna.

Gambar 1.6: Harirki system dalam sebuah komputer pribadi

Kemampuan sebuah prosesor tujuan umum ditunjang oleh perangkat lunak yang terdiri dari perangkat lunak sistem dalam kurung sistem operasi dan perangkat lunak aplikasi. Sistem operasi adalah pem-bungkus processor untuk berkomunikasi dengan pengguna secara ma-nusiawi aslinya prosesor hanya mengenal bahasa mesin dengan jenis data bilangan biner 0 atau 1. Apapun perintahnya processor hanya mengenal bilangan biner tersebut. Bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan mesin prosesor disebut bahasa mesin. Bahasa mesin adalah bahasa yang dibangun oleh sejumlah angka yang dapat diinterpretasikan oleh Central Pro-cessing Unit (CPU) dalam prosesor. CPU biasanya mempunyai pro-gram kecil yang ditambahkan langsung ke dalam chip disebut kode mikro (microcode). Penerjemahan kode mikro mengubah instruksi-instruksi mesin ke dalam sinyal digital yang dimengerti oleh perangkat keras. Dengan bahasa mesin pengguna dapat menginstruksikan pro-ses untuk melakukan sebuah tugas seperti pemindahan bilangan atau perhitungan aritmatik. Berikut contoh instruksi dalam bahasa mesin 10110000000000101 Jika dilihat sepintas, angka di atas tidak memiliki arti apapun. Hanya sekumpulan angka yang terdiri dari 1 dan 0. Deretan angka di atas adalah bilangan biner sistem penomoran yang dibangun hanya oleh angka 1 dan 0.

2.  Prosesor untuk aplikasi tertentu

Proses ini dirancang untuk memerlukan pemrosesan pada kelas atau domain aplikasi tertentu. Kelas aplikasi ditunjukkan dengan kumpul-an instruksi yang dibuat khusus untuk aplikasi-aplikasi dalam satu domain. Instruksinya dikhususkan untuk memudahkan penyelesaian fungsional pada suatu kasus walaupun instruksi-instruksi tersebut ma-sih dapat dimodi kasi.

3.  Proses tujuan khusus

Proses tujuan khusus adalah sebuah rangkaian digital yang dirancang untuk mengerjakan suatu program tertentu dan hanya satu. Contoh kamera digital yang melakukan pengambilan gambar analog, konversi ke sinyal digital memproses data digital dan menyimpan dalam ben-tuk le. Fungsi kamera digital menggantikan proses pengambilan dan pengolahan gambar manual berbasis lm menjadi le gambar. Peng-gunaan proses tujuan khusus dalam embedded system memiliki ke-kurangan dan kelebihan. Kelebihannya terletak pada kecepatan yang tinggi ukuran atau catu daya kecil dan biaya per unit produk nya kecil kalau dibuat dalam jumlah besar. Kekurangannya adalah biaya awal tinggi dan waktu proses perancangan yang lama disesuaikan dengan fungsi yang diinginkan dan tingkat eksibilitas rendah karena sebagian besar perangkat keras.


Complete and Continue