Penggunaan Board Arduino Uno

Arduino Uno adalah papan terbaik untuk memulai dengan belajar elektronik dan coding. Papan jenis ini yang paling kuat dan yang paling banyak digunakan dari seluruh keluarga Arduino.

Disini kita akan lebih sering menggunakan Arduino Uno karena lebih kuat dan banyak digunakan untuk memulai belajar elektronik dan coding. Selain itu, beberapa pin memiliki fungsi khusus:

Uno memiliki 6 input analog, berlabel A0 melalui A5, yang masing-masing menyediakan 10 bit resolusi (yaitu 1024 nilai yang berbeda). Secara default mereka mengukur dari tanah ke 5 volt, meskipun adalah mungkin untuk mengubah batas atas dari kisaran mereka menggunakan pin AREF dan fungsi analogReference (). AREF. tegangan referensi untuk input analog. Digunakan dengan analogReference (). Berikut spesifikasi lengkap Arduino Uno.

Spesifikasi :

Tegangan Kerja Arduino

Untuk Arduino yang mudah digunakan untuk belajar pertama kali adalah Arduino Uno. Cara menyakan arduino cukup mudah yaitu dengan menghubungkan port USB pada USB tipe B arduino dengan PC/Laptop atau bisa menggunakan tegangan eksternal melalui DC IN dengan tegangan yang dianjurkan 7 sampai 9V.

Input dan Output

Setiap papan Arduino memiliki jumlah input dan output yang berbeda-beda. Kali ini yang akan dibahas adalah Arduino Uno. Berikut adalah table 1.1 untuk pin I/O Arduino Uno :

Tabel 1.1 pin I/O Arduino Uno


Discussion

0 comments