Pengenalan Macam Arduino Board

Arduino merupakan platform prototyping open-source hardware yang mudah digunakan dalam membuat suatu projek berbasis pemrogaman. Arduino Board mampu membaca inputan berupa sensor, tombol dan mengolah menjadi outputan seperti mengaktifkan motor, menyalakan LED dan sebagainya. Anda dapat memprogam Arduino Board dengan memberikan set instruksi tertentu dengan menggunakan Arduino programming language, dan Software Arduino (IDE).


Mengapa Arduino

Arduino dapat bekerja di Mac, Windows, dan Linux. Semua orang bisa membuat instrumen ilmiah menggunakan Arduino untuk membuktikan prinsip – prinsip kimia dan fisika, atau untuk memulai dengan pemrogaman robotika. Jadi Arduino adalah salah satu kunci untuk belajar hal – hal baru. Siapapun seperti anak – anak, seniman, progamer dan penghobi elektronika dapat memulai menggunakan arduino hanya dengan mengikuti tutorial, kit maupun berdiskusi secara online dengan anggota komunitas Arduino baik di Facebook, Twitter maupun web arduino.cc dan komunitas di daerah anda.

Apa saja keuntungan menggunakan Arduino?

Arduino menyederhanakan proses bekerja dengan mikrokontroler, tetapi menawarkan berbagai keuntungan bagi guru, siswa, dan semua orang yang tertarik dengan Arduio seperti :

  • Murah Arduino Board relatif murah kalau di Indonesia dr harga Rp 100.000 – Rp 400.000, harga tersebut bisa kalian temukan dari Arduino yang clone sampai Arduino yang asli.
  • Cross-platform – Software Arduino (IDE) lebih fleksibel karena dapat digunakan di Windows, Macintosh OSX, dan sistem operasi Linux. Kebanyakan software mikrokontroler hanya tersedia di Windows.
  • Sederhana untuk dipelajari Software Arduino (IDE) mudah digunakan untuk pemula dan tingkat lanjut.
  • Open Source dan Software ectensible Perangkat lunak Arduino diterbitkan sebagai alat Open Source. Bahasa yang digunakan ialah bahasa C untuk AVR dan dapat dikembangkan lagi untuk membuat library melalui C++.
  • Open source dan hardware extensible – Arduino Board diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons, sehingga desainer sirkuit yang berpengalaman dapat membuat versi mereka sendiri, dan mengembangkan sendiri. Bahkan pengguna yang relatif tidak berpengalaman dapat membangun versi papan arduino untuk memahami cara kerjanya dan menghemat uang.


Discussion

0 comments