Gambaran Umum Materi

Pengertian Statistika adalah sebuah ilmu yang mempelajari mengenai cara-cara standar dari sebuah pengolahan data, sedangkan statistik adalah hasil dari pengolahan data. Jadi, hasil yang kamu lihat di tv atau koran adalah hasil statistik, tapi prosesnya disebut proses statistika (pengolahan data).

Kata ‘statistika’ diambil dari kata kata dalam Bahasa Latin Statiscium Collegium (dewan negara) atau dari Bahasa Italia statista (negarawan). Ini mengartikan bahwa sejak awal, proses pengolahan data sebuah wilayah ditujukan sepenuhnya untuk kepentingan negara dan rakyat. Oleh karena itu, negara selalu melakukan sensus setiap tahunnya untuk memperoleh suatu data.

Terdapat beberapa istilah yang sering dipakai dalam pengolahan data, antara lain mean (nilai rata-rata), modus (nilai paling sering muncul), median (nilai tengah), kuartil (nilai yang mampu membagi data menjadi 4 bagian sama besar, dan simpangan baku (besaran persebaran data).

Materi Statistika matematika menjadi salah satu konsep yang memiliki banyak aplikasi di kehidupan sehari-hari. Dengan pengolahan data, kamu dengan mudah menghitung nilai rata-rata atau nilai yang paling banyak didapatkan oleh siswa di kelasmu. Selain itu, kamu juga bisa mengaplikasikan operasi pengolahan data terhadap data penelitian yang kamu dapatkan.


Complete and Continue  
Discussion

0 komentar