1. Blinking LED

Pada tutorial Arduino ini kita akan belajar untuk mengedipkan lampu Light Emitting Diode (LED)/ blinking LED. Ada Empat langkah yang dapat diikuti.

Langkah 1: Apa saja yang dibutuhkan

Bahan yang perlu disiapkan dan perkiraan harga :

No. Bahan Jumlah

  1. Arduino Uno + Kabel 1
  2. LED BLUE/RED/YELLOW 5mm 1
  3. Software Arduino 1

Free, download disini: https://www.arduino.cc/en/Main/Software.

Selain bahan diatas diperlukan laptop atau komputer untuk membuat dan mengupload program. Sebelumnya telah mengunduh software Arduino pada laptop/komputer yang anda gunakan.

Langkah 2: Membuat rangkaian

Ambil Arduino Uno dan LED 5mm, hubungkan LED 5mm dengan Arduino Uno dengan cara:

  1. Menghubungkan kaki negatif/katoda (kaki yang lebih pendek) dari LED 5mm ke Arduino Uno pin Gnd.
  2. Menghubungkan kaki positif/anoda ke Arduino pin 13.

Untuk lebih jelasnya lihat gambar 1.

 Gambar 1

Langkah 3: Membuat dan mengupload program

Program yang digunakan pada tutorial ini merupakan program contoh yang sudah disediakan oleh arduino. Kita dapat melihat program tersebut pada menu “File > Examples > Basics > Blink”. Program tersebut akan tampak seperti pada code 1.

Code 1

Untuk mengupload program tersebut pada Arduino Uno, hubungan Arduino Uno dengan kabel USB (bentuknya seperti kabel printer) terlebih dahulu. Kemudian, Pada menu “Tools > Board“ pastikan boardnya dipilih adalah Arduino Uno, dan pastikan port yang dipilih pada menu “Tools > port” adalah port yang digunakan oleh Arduino Uno. Selanjutnya pilih menu “Sketch > Upload” atau tekan “Ctrl + U” untuk mengupload program dari komputer ke Arduino Uno.

Langkah 4: Output

Output dari program tersebut adalah lampu akan menyala selama 1 detik (lihat gambar 2) kemudian mati selama 1 detik (lihat gambar 3) kemudian menyala lagi selama 1 detik lalu mati selama 1 detik demikian seterusnya selama Arduino mendapatkan aliran listrik.


Gambar 2

Gambar 3

Catatan:

Kaki Anoda dari LED 5mm tidak harus ditempatkan di pin 13, kaki Anoda tersebut dapat dipindah ke pin digital yang lain seperti pin 12. Jika ingin menggunakan pin 12 jangan lupa untuk mengubah angka 13 pada program di code 1 menjadi 12, seperti yang ditunjukkan pada code 2. Setelah mengubah program jangan lupa untuk mengupload program yang baru ke Arduino Uno.

Code 2

Complete and Continue  
Discussion

0 komentar